Topic outline

  • Pengantar

    Mata Kuliah Rekayasa Web IFA 309

    Latar Belakang

    Pemrograman Web adalah pemrograman client-server yang terhubung melalui jaringan yang luas, tidak terbatas. Ketika kita akan mengunjungi situs web, kita membuka browser sebagai perangkat untuk membuka/berkunjung ke situs web. Kita yang berhadapan dan menggunakan browser ini disebut client (klien) dan situs web yang kita kunjungi merupakan server yang entah berada di mana.

    Pada saat kita mengetikkan alamat web, browser mengirim permintaan kita berupa paket data dengan alamat terlampir, sama halnya seperti petugas pos yang mengirim surat. Petugas pos akan mengirim surat ke alamat yang tertera di sampul surat. Demikian pula paket dari browser kita akan dikirim ke agen terdekat, dan dari agen ini dikirim lagi ke agen terdekat berikutnya sesuai alamat yang tertera, terus demikian sampai ke alamat yang dituju.

    Situs (server) dengan alamat yang tertera, menerima permintaan (request) kemudian mengolahnya dan memberi respon/tanggapan ke klien dengan car serupa seperti klien mengirim permintaan. Setelah tanggapan sampai ke browser (klien) maka browser menampilkan tanggapan dari server tersebut. Apa yang kita lihat di browser ketika kita berselancar, adalah hasil interpretasi browser terhadap file (berkas) HTML (Hypertext Markup Language) yang dikirim server. Sedangkan corak (style) tampilan di layar, merupakan interpretasi browser terhadap corak yang ditentukan di berkas CSS (Cascading Style Sheet).


    • Pertemuan 1

      Pada Pertemuan I ini diperkenalkan materi tentang web, sejarah web dan pengantar internet dan aplikasi berbasis web  

    • UTS

      • UTS Rekayasa Web IFA 309 Quiz
        Restricted Available from 3 November 2020, 7:30 AM